DISQUS SHORTNAME

Sunday, August 22, 2021

BILANGAN OKSIDASI DALAM REAKSI REDOKS (DISAMPAIKAN DALAM PEMBELAJARAN DARING KIMIA KELAS XII IPS/LINTAS MINAT)

 

BILANGAN OKSIDASI DALAM REAKSI REDOKS

(DISAMPAIKAN DALAM PEMBELAJARAN DARING KIMIA KELAS XII IPS/LINTAS MINAT)

 

 

Dalam ilmu kimia kita mengenal salah satu reaksi yang disebut dengan reaksi redoks, khususnya di kelas X, anak-anak telah mempelajari secara khusus yang disebut dengan reaksi redoks. Redoks (singkatan dari reaksi reduksi/oksidasi) adalah istilah yang menjelaskan berubahnya bilangan oksidasi (keadaan oksidasi) atom-atom dalam sebuah reaksi kimia. Bilangan oksidasi didefinisikan kepada jumlah muatan negatif dan positif dalam atom, yang secara tidak langsung menandakan jumlah elektron yang sudah diterima atau diserahkan. Bilangan oksidasi bermanfaat secara khusus dalam mengekspresikan persamaan reaksi setengah yang terjadi dalam reaksi oksidasi dan reduksi.

Istilah redoks berasal dari dua pemikiran, yaitu reduksi dan oksidasi. Dia mampu diterangkan dengan gampang sebagai berikut:

  • ·         Oksidasi menjelaskan pelepasan elektron oleh sebuah molekul, atom, atau ion
  • ·         Reduksi menjelaskan penambahan elektron oleh sebuah molekul, atom, atau ion.

Walaupun cukup tepat dipergunakan dalam beberapa reaksi, namun penjelasan di atas tidaklah tepat untuk menjelaskan reaksi redoks pada beberapa reaksi. Oksidasi dan reduksi tepatnya merujuk pada perubahan bilangan oksidasi karena transfer elektron yang sebenarnya tidak akan selalu terjadi. Sehingga oksidasi semakin baik diartikan sebagai peningkatan bilangan oksidasi, dan reduksi sebagai penurunan bilangan oksidasi. Dalam prakteknya, transfer elektron akan selalu mengubah bilangan oksidasi, namun terdapat banyak reaksi yang diklasifikasikan sebagai "redoks" walaupun tidak hadir transfer elektron dalam reaksi tersebut (misalnya yang melibatkan ikatan kovalen).

Untuk materi lebih lengkap, silahkan klik DISINI

0 comments:

Post a Comment