DISQUS SHORTNAME

Sunday, August 29, 2021

PEMBELAJARAN 4: PROYEK "PENYELAMAT BUMI"

 PEMBELAJARAN 4 KIMIA PEMINATAN

MATERI MINYAK BUMI

TOPIK DAMPAK PEMBAKARAN MINYAK BUMI

 

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

-       Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan dan cara mengatasinya.

-       Membuat desain informasi/himbauan terhadap dampak negatif dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan dan cara mengatasinya

 

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pada pertemuan sebelumnya anak-anak telah belajar mengenai proses pembentukan minyak bumi, penyulingan minyak bumi, hingga kualitas dari bensin sebagai slah satu produk dari minyak bumi. Pada pertemuan kali ini kita akan mencoba untuk merancang sebuah media edukasi kepada masyarakat tentang dampak negatif dari pembakaran minyak bumi. Untuk langkah pertama dalam pembelajaran, anak-anak silahkan untuk menyimak video berikut.


 


Dari video tersebut anak-anak akan menemukan beberapa permasalahan-permasalahan yang timbul dari pembakaran bahan bakar fosil/minyak bumi. Selanjutnya, buatlah rumusan permasalahan dan temukan ide atau gagasan yang bisa dijadikan sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan yang diakibatkan oleh pembakaran minyak bumi.

Tuangkan gagasanmu pada Jurnal Kompetrensi Diri yang telah disiapkan pada Google Classroom anak-anak. Silahkan masuk kedalam link yang telah disediakan, selanjutnya pilih folder kelasmu dan pilih file yang anak-anak kerjakan sesuai dengan nomor absen.

Dalam jurnal tersebut akan terdapat beberapa kolom yang harus diisi. Ikutilah prosedur pengisian yang telah tersedia pada bagian bawah jurnal tersebut.

Selain Jurnal Kompetensi Diri, anak-anak juga mengerjakan Jurnal Transformasi Sikap dengan langkah yang sama seperti pada Jurnal Kompetensi Diri. Tujuannya adalah agar anak-anak selain memiliki kemampuan/kompetensi secara kognetif, anak-anak juga diharapkan memiliki perubahan laku/sikap menuju kearah yang lebih baik.

 

C. PEMBUATAN PROYEK

Setelah membuat perencanaan dalam Jurna Kompetensi Diri, selanjutnya anak-anak merealisasikan hasil karya anak-anak sesuai dengan apa yang anak-anak telah buat dalam jurnal tersebut. Hasil karya anak-anak akan menjadi penilaian terhadap aspek pengetahuan dan keterampilan anak-anak. Sedangkan Jurnal Transformasi Sikap sebagai aspek penilaian dari sikap anak-anak.

Jangka waktu pembuatan proyek adalah selama 6 hari. Selama proses pengerjaan, anak-anak dapat mendeskripsikan apa yang anak-anak kerjakan dalam kurun waktu tersebut. Selanjutnya, untuk aspek-aspek yang dinilai akan kita buat dalam KESEPAKATAN KELAS yang akan kita selenggarakan pada Vicon tanggal 30 Agustus 2021 pukul 08.30 Wita. Link untuk masuk room telah tersedia pada Google Classroom.

0 comments:

Post a Comment