DISQUS SHORTNAME

Monday, September 27, 2021

APA ITU ELEKTROLISIS? LALU BAGAIMANA PENERAPANNYA?

Sebelumnya kita sudah belajar tentang sel volta dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Nah pada kesempatan ini, kita akan melanjutkan apa yang dimaksud dengan elektrolisis dan penerapannya dalam keseharian. 

Elektrolisis adalah penguraian zat-zat kimia oleh arus listrik searah. Dalam peristiwa ini, terjadi perubahan energi listrik menjadi reaksi kimia. dalam elektrolisis terdapat bagian-bagian yang disebut elektrode dan elektrolit. Jika elektroda-elektroda tersebut dihubungkan dengan arus listrik searah maka ion-ion positif (kation) yang terdapat pada elektrolit akan tertarik ke elektroda yang bermuatan negatif (katoda). sementara itu ion-ion negatif (anion) akan bergerak menuju elektroda positif (Anoda).

Prinsip Kerja Sel Elektrolisis

Berbeda dengan sel volta yang mengubah energi kimia menjadi listrik, sel elektrolisis mengubah energi listrik menjadi energi kimia. Dikutip dari Encyclopaedia Britannica, sel elektrolisis memiliki dua elektroda yang bersifat negatif dan positif.
Kemudian sel elektrolisis dicelupkan ke dalam larutan elektrolit yang mengandung ion-ion bermuatan. Kedua elektroda tersebut berada dalam wadah dan larutan elektrolit yang sama. Saat sel elektrolisis dialiri dengan listrik, muatan listrik elektron akan memicu reaksi redoks pada sel. Anoda akan mengalami reaksi oksidasi, sementara katoda akan mengalami reaksi reduksi. Singkatnya, reaksi redoks tidak dapat terjadi secara spontan, harus menggunakan bantuan energi listrik.


Kegunaan Sel Elektrolisis
Berikut kegunaan sel elektrolisis dalam membantu kegiatan manusia sehari-hari, di antaranya:
  1. Cara kerja sel elektrolisis digunakan untuk metode pembuatan gas oksigen, hidrogen, atau gas klorin di laboratorium.
  2. Digunakan pada proses penyepuhan logam menggunakan logam mulia, seperti emas, perak, atau nikel.
  3. Dimanfaatkan untuk proses pemurnian logam kotor. Logam kotor diletakkan di anoda, sedangkan logam murni ditempatkan di katoda.


0 comments:

Post a Comment